“Peranginan Ratu”

Alhamdulillah,.
Pada tulisan saya yang kedua ini akan berbicara sedikit dibidang pariwisata guna mendukung visit Indonesia year 2009 yang selalu dingema-gemakan, bukannya tak mungkin menjadi aset pariwisata yang menjanjikan apalagi semenjak otonomi daerah yang mewajibkan para petinggi-petinggi daerah khususnya Kalimantan Selatan untuk berjuang membangun daerahnya disegala bidang.
“Peranginan Ratu” sebagai judul yang saya angkat akan mengingatkan kita pada sebuah nama yang tentunya tidak asing lagi ditelinga maupun dimata apalagi khusus bagi kalian yang sering pulang kampung kedaerah pahuluan (Hulu Sungai). Terletak antara batas kota Rantau dan Kandangan walaupun untuk jarak pastinya saya juga kurang tahu. Namun, tak perlu khawatir tidak sampai apalagi tersesat sebab plangkat nama Peranginan ratu sendiri diletakkan di 2 tempat yang berbeda yang masing-masing di tepi jalan menuju arah ke Kandangan.
Tempat wisata yang satu ini harus di tempuh ±5km dari plangkat nama yang ada di tepi jalan tadi, berbicara tentang tempat wisata yang satu ini akan mengingatkan kembali pada apa yang saya lewati dan lihat tatkala peranginan ratu sudah didepan mata. Danau yang luas dimana airnya berwarna hijau, sehingga ada satu pemandangan yang begitu mempesona ditambah dengan udaranya yang begitu sejuk. Sehingga tatkala akhir pekan sangat cocok untuk ajang refreshing (menyegarkan) fisik dan jiwa yang letih.
Sedangkan untuk fasilitas yang ada disana masih sangat minim, seperti perahu sepeda untuk kita yang ingin mengelilingi danau tanpa harus berjalan kaki mengingat memang tidak ada difasilitasi jalan yang permanen ditepi-tepi kolam.
Pengunjung dari luar kota akan sedikit kecewa apabila berniat menginap ditempat ini, sebab tidak tersedianya penginapan baik itu berupa pondokan atau sebagainya.
Selain itu dihari-hari biasa jumlah pengunjung yang datang ketempat ini relative sedikit hanya ada segelintir orang yang memanfaatkan tempat wisata yang satu ini untuk menjadi ajang liburannya.
Berbicara masalah kendala. Yang menjadi kendala sekarang saat memasuki wilayah Peranginan Ratu adalah kondisi jalan yang rusak, sempit, dan diperparah dengan tidak adanya tanda penunjuk jalan setelah kita memasuki daerah tersebut. Sehingga sedikit menyulitkan bagi pemula yang kurang memahami kondisi serta lika-liku jalannya. Akan ada indikasi tersesat apabila kita malas bertanya kepada warga sekitar yang bermata pancaharian sebagai penyadap getah. Seperti yang juga telah saya katakan sebelumnya fasilitas yang kurang memadai menjadikan kurangnya minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.
Kendala-kendala diatas bukan tanpa alasan, mengingat kurangnya kesadaran para petinggi-petinggi yang mengurusi bidang kepariwisataan sampai kepada masyarakatnya sendiri untuk kurang mendukung perbaikan dan pemeliharaan dari yang sudah ada. Bagi saya pribadi lewat tulisan ini saya hanya ingin mengingatkan kembali Peranginan ratu adalah satu aset kepariwisataan yang harus diperjuangkan untuk dihidupkan kembali agar kelak bukan hanya orang-orang local yang berkunjung kesana tetapi tidak menutup kemungkinan orang luar Kalimantan hingga mancanegara. Tidak ada yang tidak mungkin/ imposible, tinggal upaya yang dijalankan harus berpegang teguh pada unsur visit Indonesia year 2009 yang sudah sering masuk-keluar di telinga kita. Pengelolaannya juga harus terorganisir dengan mengikut sertakan warga sekitar agar ada terjalin hubungan yang baik agar nantinya tercipta Peranginan Ratu seperti yang diidam-idamkan.
Telah nampak kerusakan dimuka bumi ini akibat tangan manusia (kutipan dari Q. S Al) yang semoga dengan ini kita dapat memelihara yang ada sebab Allah SWT menciptakan sesuatu tidak dengan kesia-siaan tinggal kita memanfaatkan diiringi dengan pemeliharaan yang telah ada termasuk Peranginan ratu. Sekian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s